6 Penyebab Bisnis Tidak Berkembang

1. Asal Action

Berbisnis hanya asal action, tanpa strategi, tanpa rencana. Action memang penting, namun bukan berarti asal action tanpa strategi. Asal action tanpa strategi membuat bisnis tidak berkembang dan bahkan banyak yang mengalami kegagalan.

2. Tidak Punya Tim

Bisnis yang berkembang menjadi besar salah satunya karena memiliki tim. Pada dasarnya kita tidak bisa mengerjakan segala sesuatu sendiri. Bangunlah tim yang bisa dipercaya dan mau bekerja bersama.

3. Tidak Ada Inovasi

Bisnis yang tidak melakukan inovasi adalah bisnis yang jalan ditempat. Inovasi bisa berupa inovasi produk, misal ada varian baru, ada rasa baru, ada paket baru. Inovasi lainnya bisa dalam hal pelayanan yang semakin baik, inovasi berpromosi kepada konsumen.

4. Keuangan

Dalam bisnis, mengatur keuangan sangatlah penting, misal buatlah laporan keuangan, catat semua uang yang masuk dan keluar, jangan boros, jangan menggabungkan rekening pribadi dan rekening bisnis. Selain itu buatlah target omzet dan profit yang jelas.

5. Tidak Fokus

Pebisnis pemula biasanya ingin punya banyak bisnis, ingin semua bisnis dikerjakan. Padahal ini tidak tepat, ketika tidak fokus karena mengerjakan banyak bisnis, kita malah tidak akan maksimal. Boleh membuat bisnis lain jika bisnis pertama sudah sukses dan stabil.

6. Tidak Belajar Marketing

Banyak pebisnis hanya asal dalam jualan, tidak pakai strategi. Padahal salah satu hal penting dalam bisnis adalah strategi pemasaran (marketing), tanpa ini produk kita akan sulit laku dipasaran.

Sumber: Ednovate


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: