Wujudkan dengan perkalian

Bogor, Jumat (14/10/2011): Ketika tiba waktu makan tubuh akan merespon untuk segera makan, maka terpenuhilah asupan makanan. Sore hari setelah beraktivitas segera mandi untuk menyegarkan badan.

Jika ditelisik lebih jauh rangkaian kegiatan tersebut merupakan hal rutin yang biasa dilakukan. Semua kegiatan tersebut dapat terlaksana  setelah direncanakan sebelumnya kemudian melakukan apa yang direncanakan.

Ya, tanpa terasa semua kegiatan kecil sehari-hari kita merupakan buah dari rencana disertai eksekusinya. Namun, seringkali pola membuat rencana kemudian mewujudkannya dalam tindakan hanya diterapkan pada hal kecil, rutinitas.

Seringkali kita takut merencanakan hal besar, seperti rencana untuk menggapai mimpi. Bermacam alasan dikeluarkan, salah satunya ialah takut gagal.

Ketika berada di lantai dua suatu bangunan, bukankah tahapnya kita menaiki anak tangga satu demi satu sehingga dapat membawa kita naik ke atas. Semua hal besar di dunia ini selalu dapat terlaksana setelah melakukan hal kecil terlebih dahulu.

Jika melakukan hal kecil untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti, makan, minum mandi, tidur, pergi ke kamar mandi saja kita bisa, maka untuk hal besar tidak perlu ragu lagi untuk melakukannya.

Kuncinya hanya dua, membuat rencana (plan) dan menjalankan rencana (action). Saya sangat senang untuk berbagi pemahaman tentang konsep sederhana mengenai plan dan action.

Jika pola hubungan plan dan action diibaratkan perkalian maka pemahaman akan semakin mudah. Setiap plan yang kita buat diberi nilai 1, begitu juga setiap action yang kita lakukan diberi nilai 1. Maka akan segera terlihat hasilnya 1 x1=1.

Menjadi sia-sia jika banyak sekali plan yang dibuat (semakin bertambah nilai 1, 2, 4, 6, 13, …. dst) tetapi sama sekali tidak disertai action (nilainya 0) maka yang terjadi adalah 13×0=0.

Lihat jika kita fokus kepada satu plan (nilai 1) dengan action yang terus menerus dilakukan untuk mewujudkannya (misalkan nilai 100), hasilnya akan istimewa 1×100=100. Belum lagi jika terus menerus ditambah action menjadi 200, 300 ataupun 1000 maka rencana/mimpi/cita-cita akan menjadi kenyataan.

Lain halnya bagi yang tidak  membuat rencana (nilai 0), namun banyak sekali action yang dilakukan (nilai 2, 10, 100, bahkan 5000) hasilnya akan mengecewakan 0x5000= 0. (16 Dzulqadah 1432 H)

Segera berencana dan segera action!

adamuthi.blogspot.comjannatuna.wordpress.com

adamuthi.tumblr.com| follow @adamuthi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: